Skip to content

4 Tingkatan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega

4 Tingkatan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega

Salam Pramuka ! Apakah kalian tahu bahwa Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi yang sangat penting di Indonesia? Dalam gerakan ini, kita belajar banyak hal tentang kehidupan, kepemimpinan, dan kebersamaan. Salah satu hal yang membuat Pramuka begitu menarik adalah tingkatan-tingkatan yang ada di dalamnya.

Kita memiliki Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Setiap tingkatan memiliki karakteristik dan tugasnya sendiri. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai masing-masing tingkatan Pramuka ini!

Tingkatan Pramuka Siaga

Pramuka Siaga adalah tingkatan pertama dalam Gerakan Pramuka, dan ini adalah tempat di mana petualangan pramuka dimulai. Pramuka Siaga adalah anggota Pramuka yang berumur antara 7–10 tahun. Nama “Siaga” merujuk pada masa perjuangan bangsa Indonesia yang menyiagakan diri untuk mencapai kemerdekaan. Jadi, bagi kamu yang berumur 7–10 tahun, Pramuka Siaga adalah tempat yang tepat untuk belajar dan berpetualang!

Kode Kehormatan

Pramuka Siaga memiliki Dwi Satya, yang merupakan janji pramuka siaga yang mencakup kewajiban terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan tata krama keluarga, serta komitmen untuk berbuat kebaikan setiap hari. Selain itu, ada Dwi Darma, ketentuan moral pramuka siaga yang mengajarkan berbakti kepada orang tua, keberanian, dan ketekunan.

Satuan Pramuka Siaga

Di tingkat Pramuka Siaga, kita memiliki satuan yang disebut Barung. Barung adalah satuan terkecil dalam Pramuka Siaga, beranggotakan 6 – 8 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung). Beberapa Barung dihimpun dalam Perindukan, yang dikelompokkan menjadi satuan besar dan dipimpin oleh Sulung (Pemimpin Barung Utama).

Syarat Kecakapan

Untuk naik ke tingkatan berikutnya, Pramuka Siaga harus memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU). SKU ini adalah persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) dengan tiga tingkatan: Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

 

Selain itu, ada Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang juga harus dipenuhi untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK).

Baca juga: Download SKU Pramuka Siaga

Tanda Kecakapan

Tanda kecakapan adalah penghargaan yang diberikan kepada Pramuka sebagai pengakuan atas prestasi dan kemampuan mereka. Untuk Pramuka Siaga, ada Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang dapat dikenakan pada lengan baju sebelah kiri di bawah tanda barung.

Selain itu, ada Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 3 cm dan tinggi 2 cm. TKK ini dipasang di lengan baju sebelah kanan membentuk setengah lingkaran di sekeliling tanda Kwarda dengan puncak menghadap ke bawah sebanyak 5 buah.

Tingkatan Pramuka Siaga adalah awal yang hebat untuk memulai perjalanan pramuka. Ini adalah waktu di mana kamu bisa belajar banyak hal baru dan memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan teman-temanmu di Barung!

Tingkatan Pramuka Penggalang

Selanjutnya, kita memiliki Pramuka Penggalang, yang adalah tingkatan dalam pramuka yang biasanya diperuntukkan bagi anggota berusia 11-15 tahun. Ini adalah waktu ketika petualangan pramuka semakin seru!

Tingkatan dalam Penggalang

Pramuka Penggalang dibagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan pencapaian Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang, yaitu:

  1. Penggalang Ramu
  2. Penggalang Rakit
  3. Penggalang Terap
  4. Penggalang Garuda

Sistem Berkelompok

Setiap anggota Pramuka Penggalang dikelompokkan dalam satuan-satuan kecil yang disebut regu. Setiap regu terdiri atas 8 orang Penggalang dan dipimpin oleh seorang Pimpinan Regu (PINRU). Regu memiliki nama-nama yang mengidentifikasikan mereka, seperti nama hewan untuk regu putra dan nama tumbuhan (bunga) untuk regu putri. Beberapa regu dihimpun dalam sebuah Pasukan yang dipimpin oleh Pemimpin Regu Utama (Pratama).

 

Kode Kehormatan

Kode kehormatan untuk Pramuka Penggalang termasuk Janji (Satya) Penggalang, yaitu Trisatya, dan Kode Moral (Dharma) Penggalang, yang disebut Dasa Darma.

Kegiatan Pramuka Penggalang

Kegiatan dalam tingkatan Penggalang mencakup berbagai aktivitas, seperti Jamboree, Lomba Tingkat, Gladian Pimpinan Regu, Penjelajahan (Wide Game), Latihan Bersama, Perkemahan, dan Jamboree On The Air and Jamboree On The Internet. Jadi, jika kamu suka petualangan dan tantangan, Pramuka Penggalang adalah tempat yang sempurna untukmu!

Tanda Pemimpin Regu

Pramuka Penggalang juga memiliki tanda khusus untuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Ini adalah bentuk pengakuan atas peran penting mereka dalam membimbing regu mereka menuju prestasi yang lebih tinggi.

Tingkatan Penggalang adalah waktu yang menarik di mana kamu dapat mengasah keterampilan pramuka dan menjalani berbagai petualangan bersama teman-teman regumu!

 

Tingkatan Pramuka Penegak

Selanjutnya, kita akan mengenal Pramuka Penegak, yang adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun. Ini adalah masa pencarian jati diri dan mandiri, di mana para Penegak dianggap sudah siap untuk meluaskan sayap mereka sendiri dalam kehidupan.

Tingkatan dalam Pramuka Penegak

Pramuka Penegak memiliki beberapa tingkatan, yaitu:

  1. Penegak Bantara
  2. Penegak Laksana

Selain itu, ada Pramuka Penegak yang belum mendapatkan tanda pengenal Penegak Bantara, yang disebut dengan Penegak Tamu/Calon anggota bantara.

Satuan

Satuan terkecil Pramuka Penegak disebut Sangga, yang idealnya terdiri dari 6 sampai 8 orang Penegak. Sangga dipimpin oleh salah seorang Pimpinan Sangga (Pinsa). Setiap 5 Sangga dihimpun dalam sebuah Ambalan, yang dipimpin oleh seorang ketua yang disebut Pradana, seorang sekretaris yang disebut Kerani, seorang bendahara yang disebut Hartaka atau Juru Uang, dan seorang Pemangku Adat. Setiap Ambalan memiliki nama yang bervariasi, bisa nama pahlawan, tokoh pewayangan, dan lain sebagainya yang sesuai dengan karakter ambalan tersebut.

 

Kode Kehormatan

Kode Kehormatan untuk Pramuka Penegak terdiri atas Satya (janji) dan Ketentuan Moral (Dharma). Janji Pramuka Penegak disebut Tri Satya Pramuka.

Kegiatan Pramuka Penegak

Kegiatan Pramuka Penegak mencakup berbagai aktivitas seperti pelantikan penegak, pelantikan pindah golongan, pelantikan TKU (Bantara, Laksana, Garuda), dan masih banyak lagi. Pramuka Penegak juga mengikuti pelatihan dan pengembangan kepemimpinan, seperti Gladian Pimpinan Sangga (DIANPINSA), Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT), Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK), dan Kursus Instruktur Muda (KIM).

Selain itu, terdapat pertemuan-pertemuan seperti MUSPPANITRA (Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri Putra), Sidang Paripurna, Raimuna (Rover Moot), peran Saka, Jamboree On The Air (JOTA), Jamboree On The Internet (JOTI), dan banyak lagi. Pramuka Penegak juga aktif dalam kegiatan bakti seperti perkemahan Wirakarya dan perkemahan Bakti.

Tingkatan Pramuka Pandega

 

Terakhir, kita memiliki Pramuka Pandega, yang adalah golongan Pramuka yang berada setelah Pramuka Penegak. Anggota Pramuka Pandega berusia antara 21 hingga 25 tahun. Ini adalah masa di mana kamu dapat mengembangkan dirimu lebih lanjut dan berkontribusi pada masyarakat.

Jenis Kegiatan

Pramuka Pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dengan Pramuka Penegak, dan kegiatan ini dilakukan bersama-sama. Mereka tergabung dalam gugusdepan dalam satuan yang disebut Racana. Racana dikelola oleh Dewan Racana yang terdiri dari anggota Racana yang telah dilantik menjadi Pandega. Dewan Racana memiliki pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Pemangku Adat. Racana dapat membentuk satuan terkecil yang disebut Reka.

 

Adat

Pramuka Pandega memiliki kemandirian untuk membuat peraturan yang berlaku bagi diri mereka sendiri, yang tidak bertentangan dengan norma dan aturan yang lebih tinggi. Peraturan ini disebut “adat” dan mencakup perilaku sehari-hari, upacara, prosesi, dan identitas. Pengelolaan dan pelaksanaan adat di Racana adalah tanggung jawab Pemangku Adat.

Pramuka Pandega adalah tingkatan tertinggi dalam Gerakan Pramuka, dan ini adalah tempat di mana kamu dapat berperan sebagai pemimpin muda yang menginspirasi dan berkontribusi pada masyarakat.

Kesimpulan

Tingkatan Pramuka, mulai dari Siaga hingga Pandega, adalah perjalanan yang menarik dan penuh makna. Setiap tingkatan membawa pengalaman dan pelajaran yang berbeda, yang akan membentuk karakter dan kepribadian kamu. Apapun tingkatan yang kamu pilih, yang paling penting adalah semangat pramuka yang selalu menginspirasi kita untuk berbuat baik dan menjadi pemimpin yang tangguh di masa depan. Jadi, ayo teruskan petualangan pramuka dan jadilah pramuka yang berbakti pada bangsa dan negara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *