Skip to content

Pengertian Membran Sel dan Fungsinya

pengertian membran sel

Membran sel, juga disebut membran plasma, adalah selaput tipis yang mengelilingi setiap sel hidup dan memisahkan sel dari lingkungannya. Membran sel terdiri dari dua lapisan fosfolipid yang tersusun secara teratur. Lapisan fosfolipid ini bersifat semipermeabel, artinya hanya dapat dilalui oleh molekul-molekul tertentu.

Struktur Membran Sel

Struktur membran sel terdiri dari dua lapisan fosfolipid yang tersusun secara teratur. Lapisan fosfolipid ini terdiri dari dua bagian, yaitu kepala hidrofilik (suka air) dan ekor hidrofobik (tidak suka air). Kepala hidrofilik menghadap ke luar dan ke dalam membran, sedangkan ekor hidrofobik saling berdekatan di bagian tengah membran.

Selain fosfolipid, membran sel juga mengandung protein. Protein membran dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu protein integral dan protein perifer. Protein integral tertanam secara permanen di dalam membran sel, sedangkan protein perifer terikat secara tidak permanen di permukaan membran sel.

Fungsi Membran Sel

Membran sel memiliki berbagai fungsi penting, yaitu:

  • Membatasi sel dari lingkungannya. Membran sel berfungsi untuk memisahkan sel dari lingkungannya. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan internal sel.
  • Mengatur perpindahan zat. Membran sel bersifat semipermeabel, artinya hanya dapat dilalui oleh molekul-molekul tertentu. Membran sel berperan dalam mengatur perpindahan zat dari dan ke dalam sel.
  • Reseptor. Membran sel mengandung reseptor yang berfungsi untuk menerima sinyal dari lingkungan luar.
  • Otoritas. Membran sel berperan dalam otoritas sel, yaitu kemampuan sel untuk mengatur aktivitasnya sendiri.

Kesimpulan

Membran sel adalah struktur penting yang terdapat pada setiap sel hidup. Membran sel memiliki berbagai fungsi penting, yaitu membatasi sel dari lingkungannya, mengatur perpindahan zat, sebagai reseptor, dan berperan dalam otoritas sel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *