Pengertian Lapisan Mesosfer dan Fungsinya

Ketika kita memandang ke langit, ada lebih banyak yang terjadi di atas kita daripada yang terlihat mata. Salah satu misteri yang masih belum sepenuhnya terpecahkan adalah lapisan mesosfer, yang terletak di antara stratosfer dan termosfer.

Mari kita menggali lebih dalam tentang apa yang membuat lapisan mesosfer begitu menarik dan mengapa itu penting untuk memahami peranannya dalam atmosfer bumi.

Pengertian Lapisan Mesosfer

Kamu mungkin belum pernah mendengar tentang lapisan mesosfer sebelumnya, tapi itu adalah lapisan ketiga di atmosfer bumi. Jika kita membayangkan atmosfer sebagai kue yang terdiri dari beberapa lapisan, maka mesosfer adalah lapisan yang terletak di tengah-tengah kue atmosfer kita.

Fungsi Lapisan Mesosfer

Fungsi lapisan mesosfer sangat menarik karena di sinilah suhu mulai berubah dengan dramatis saat kita naik ke atas. Semakin tinggi ketinggian, semakin rendah suhunya. Ini adalah alasan mengapa lapisan ini sering disebut sebagai “dingin dan misterius”.

Salah satu hal menarik tentang lapisan mesosfer adalah aurora yang terjadi di sana. Aurora biasanya dikaitkan dengan lapisan termosfer, tetapi ternyata ada jenis aurora yang berasal dari lapisan mesosfer yang dikenal sebagai “dunes”. Cahaya hijau yang mempesona dari aurora ini sebenarnya disebabkan oleh interaksi partikel matahari dengan oksigen di mesosfer.

Bagian dari keindahan mesosfer adalah gelombang gravitasi. Kamu mungkin mengira gelombang hanya terjadi di laut, tapi di lapisan mesosfer ini, gelombang gravitasi atmosfer internal menciptakan fenomena menarik yang disebut “gravity waves”.

Jika kamu penasaran tentang awan cahaya yang bersinar di malam hari, kamu sedang berbicara tentang noctilucent clouds. Awan ini ada di lapisan mesosfer dan bersinar dengan indah ketika matahari sudah terbenam.

Para ilmuwan telah lama penasaran dengan lapisan mesosfer ini. Pengukuran dan penelitian tentang mesosfer sering kali sulit dilakukan karena akses yang terbatas.

Tapi semakin banyak teknologi dan penelitian yang memungkinkan kita untuk memahami lebih banyak tentang misteri di atas kita.

Suhu Mesosfer

Salah satu hal yang mengejutkan adalah suhu yang sangat rendah di mesosfer. Bayangkan suhu -100 °C di bagian atas lapisan ini! Itu jauh lebih dingin daripada bahkan lemari es terdingin.

Kembali ke “dunes” aurora tadi, ini adalah penemuan yang relatif baru. Pada tahun 2018, para ilmuwan menemukan fenomena aurora ini berasal dari mesosfer, bukan dari lapisan termosfer seperti yang dulu kita pikirkan.

Sebenarnya, lapisan mesosfer ini memiliki peran penting dalam sirkulasi atmosfer global. Gelombang gravitasi yang terjadi di sini membantu mendorong sirkulasi udara di seluruh planet.

Lapisan mesosfer juga memiliki hubungan dengan pengamatan astronomi. Kita bisa melihat bintang panduan dari lapisan natrium yang ada di mesosfer, dan ini sangat membantu dalam pengamatan teleskop.

Penelitian tentang lapisan mesosfer seringkali memerlukan penggunaan roket suara. Roket- roket ini membawa peralatan untuk mengukur dan mengamati mesosfer hanya dalam beberapa menit setiap misi.

Mesosfer sering kali disebut sebagai “ignorosphere” karena kurangnya pemahaman kita tentang lapisan ini. Meskipun begitu, penelitian terus berlanjut untuk mengungkap lebih banyak misteri yang tersembunyi di dalamnya.

Fungsi lapisan mesosfer menjadi semakin jelas dengan penelitian tentang aurora jenis “dunes”. Melalui penelitian ini, kita dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana interaksi partikel matahari mempengaruhi lapisan atmosfer ini.

Keberadaan awan noctilucent

Awan noctilucent juga menjadi fokus studi ilmiah. Mereka memberikan wawasan tentang dinamika atmosfer di lapisan ini dan bagaimana partikel kecil dapat membentuk awan indah yang bersinar di malam hari.

Sementara mesosfer menjadi lebih dikenal, masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. Pengukuran dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap misteri yang ada di dalam lapisan mesosfer ini.

Satu hal yang pasti, lapisan mesosfer adalah contoh luar biasa tentang betapa kompleksnya atmosfer bumi. Dengan berbagai fenomena menarik yang terjadi di dalamnya, kita semakin menghargai keajaiban dunia di atas kita.

Jadi, meskipun kamu mungkin tidak melihat lapisan mesosfer dengan mata telanjangmu, ingatlah bahwa di atas sana, ada begitu banyak hal yang terjadi.

Aurora yang indah, gelombang gravitasi yang menakjubkan, dan awan cahaya yang bersinar adalah beberapa contoh keindahan dari lapisan mesosfer ini.

Dalam perjalanan penelitian ilmiah, kita terus belajar tentang bagaimana lapisan mesosfer berperan dalam menyusun atmosfer bumi. Ini adalah salah satu contoh bagaimana penelitian ilmiah membantu kita memahami dunia di sekitar kita dengan lebih baik.

Jadi, apakah kamu merasa penasaran tentang mesosfer sekarang? Jika iya, kamu tidak sendirian. Ilmuwan dari seluruh dunia bekerja keras untuk mengungkap rahasia di balik lapisan misterius ini.

Akhirnya, ketika kamu melihat langit di malam hari atau merenungkan tentang atmosfer bumi yang melindungi kita, ingatlah tentang lapisan mesosfer yang ada di antara. Ini adalah salah satu bagian dari keindahan dan misteri alam yang terus menanti untuk dijelajahi lebih lanjut.

Leave a Comment