Pengertian Kromosom dan Strukturnya

Posted on

Kromosom adalah struktur berbentuk benang panjang yang terdapat di dalam inti sel makhluk hidup. Kromosom terbuat dari bahan genetik, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) dan protein. DNA adalah materi genetik yang mengandung informasi genetik suatu organisme. Informasi genetik ini berupa gen-gen yang mengatur berbagai sifat dan karakteristik makhluk hidup.

Kromosom dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Pada sel yang tidak membelah, kromosom tampak sebagai struktur yang rapat dan tidak jelas. Namun, pada sel yang sedang membelah, kromosom tampak jelas dan dapat dibedakan menjadi beberapa bagian.

Struktur Kromosom

Struktur kromosom terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Sentromer adalah bagian kromosom yang berbentuk seperti huruf V atau X. Sentromer berfungsi sebagai tempat melekatnya benang spindel pada saat pembelahan sel.
  • Lengan kromosom adalah bagian kromosom yang terletak di kedua sisi sentromer. Setiap lengan kromosom memiliki panjang dan bentuk yang berbeda-beda.
  • Kromatid adalah bagian kromosom yang terbentuk setelah replikasi DNA. Kromatid identik dan saling menempel di sentromer.
  • Telomer adalah bagian ujung kromosom yang berbentuk seperti cap. Telomer berfungsi untuk melindungi kromosom dari kerusakan.

Fungsi Kromosom

Kromosom memiliki fungsi yang sangat penting bagi makhluk hidup, yaitu:

  • Sebagai pembawa informasi genetik. Kromosom mengandung DNA yang merupakan materi genetik yang mengatur berbagai sifat dan karakteristik makhluk hidup.
  • Mengatur proses pembelahan sel. Kromosom berperan penting dalam proses pembelahan sel. Pada saat pembelahan sel, kromosom akan menggandakan diri sehingga setiap sel anakan memiliki kromosom yang sama dengan sel induk.
  • Menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup. Informasi genetik yang terkandung dalam kromosom akan diturunkan dari generasi ke generasi sehingga menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.

Jumlah Kromosom

Jumlah kromosom pada setiap makhluk hidup berbeda-beda. Jumlah kromosom pada sel somatik (sel tubuh) biasanya berpasangan, sedangkan jumlah kromosom pada sel kelamin (sel sperma dan sel telur) tidak berpasangan.

Jumlah kromosom pada manusia adalah 23 pasang, yaitu 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom kelamin. Kromosom autosom menentukan sifat-sifat tubuh yang tidak berkaitan dengan jenis kelamin, sedangkan kromosom kelamin menentukan jenis kelamin.

Kromosom yang tidak berpasangan pada sel kelamin disebut kromosom homolog. Kromosom homolog memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Pada manusia, kromosom homolog yang menentukan jenis kelamin adalah kromosom X dan kromosom Y.

Kesimpulan

Kromosom adalah struktur penting yang terdapat di dalam inti sel makhluk hidup. Kromosom terbuat dari bahan genetik, yaitu DNA dan protein. Kromosom memiliki fungsi yang sangat penting bagi makhluk hidup, yaitu sebagai pembawa informasi genetik, mengatur proses pembelahan sel, dan menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *