Skip to content

Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah memperkenalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian integral dari kurikulum merdeka.

Projek P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang khusus untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1 Fase A.

Projek ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila, yang mencakup enam dimensi utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif.

Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

Modul Projek P5

Modul Projek P5 Fase A adalah panduan penting dalam pelaksanaan projek P5. Modul ini mencakup berbagai contoh projek yang dapat diimplementasikan oleh guru dan siswa, yang bersumber dari Kemdikbudristek.

Fokus utama modul ini adalah memberikan arahan yang jelas tentang bagaimana projek dapat diintegrasikan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, sambil tetap mempertahankan fleksibilitas dalam pelaksanaan.

Selain modul untuk Fase A, terdapat juga modul P5 untuk fase-fase lainnya seperti Fase E dan Fase D, serta untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi seperti SMK.

Modul-modul ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap fase pendidikan dan memastikan bahwa setiap siswa dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila secara optimal.

Pelaksanaan Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

Pelaksanaan projek P5 di kelas 1 SD Fase A dirancang dengan sangat fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, maupun waktu pelaksanaannya.

Projek P5 dipisahkan dari kegiatan intrakurikuler, yang berarti tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran dalam projek ini tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

Ini memberikan kebebasan bagi satuan pendidikan untuk melibatkan masyarakat dan dunia kerja dalam merancang dan menyelenggarakan projek, sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar yang kontekstual dan relevan.

Enam Langkah Membuat Modul Projek P5

1. Memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Langkah pertama adalah memahami secara mendalam konsep dan tujuan dari projek penguatan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila mencakup enam dimensi utama yang harus diinternalisasi oleh setiap siswa.

Projek ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan profil tersebut, dengan cara yang inovatif dan menyenangkan.

2. Menyiapkan Ekosistem Sekolah

Selanjutnya, penting untuk menyiapkan ekosistem sekolah yang mendukung penerapan projek P5. Ini termasuk membangun budaya satuan pendidikan yang kondusif, memahami peran peserta didik, pendidik, dan lingkungan sekolah dalam pelaksanaan projek, serta mendorong penguatan kapasitas pendidik. Tanpa ekosistem yang mendukung, implementasi projek akan sulit mencapai tujuan yang diharapkan.

3. Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Mendesain projek merupakan langkah krusial yang melibatkan beberapa tahapan. Pertama, perlu dilakukan alur perencanaan projek yang mencakup penentuan alokasi waktu dan dimensi yang akan diintegrasikan. Kemudian, membentuk tim fasilitator projek yang terdiri dari guru dan pihak terkait.

Identifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan dan menentukan dimensi serta tema projek juga menjadi bagian penting dari desain ini.

Akhirnya, menyusun modul projek dengan menentukan sub-elemen (tujuan projek) serta merancang topik, alur aktivitas, dan asesmen projek.

4. Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pengelolaan projek melibatkan beberapa langkah penting: mengawali kegiatan projek, mengoptimalkan pelaksanaan projek, dan menutup rangkaian kegiatan projek.

Keterlibatan mitra dari masyarakat dan dunia kerja sangat penting untuk memberikan pengalaman belajar yang kaya dan kontekstual. Selama pelaksanaan projek, penting untuk mendokumentasikan dan melaporkan hasil projek dengan baik.

5. Mendokumentasikan dan Melaporkan Hasil Projek

Mengoleksi dan mengolah hasil asesmen projek adalah bagian penting dari dokumentasi. Setiap hasil dari projek perlu disusun dalam rapor projek penguatan profil pelajar Pancasila. Ini tidak hanya membantu dalam penilaian keberhasilan projek tetapi juga memberikan umpan balik yang berharga untuk perbaikan di masa mendatang.

6. Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek

Evaluasi projek dilakukan dengan prinsip evaluasi yang jelas dan menggunakan alat serta metode yang tepat. Pengawas satuan pendidikan memainkan peran penting dalam evaluasi ini.

Berdasarkan hasil evaluasi, langkah tindak lanjut dan keberlanjutan projek dapat direncanakan untuk memastikan dampak jangka panjang dari projek tersebut.

Baca: Download Modul Projek P5 SD Kelas 4 Fase B

Contoh Tema Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

Projek P5 SD Kelas 1 Fase A mencakup enam tema utama yang dirancang untuk mengembangkan berbagai dimensi dalam profil pelajar Pancasila:

1. Gaya Hidup Berkelanjutan

Tema ini mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Kegiatan projek dapat mencakup penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan kampanye hemat energi.

2. Kearifan Lokal

Mengangkat tema kearifan lokal, projek ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada budaya dan tradisi lokal yang ada di sekitar mereka.

Siswa dapat belajar tentang tarian, musik, dan makanan tradisional serta pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal.

3. Bhinneka Tunggal Ika

Tema ini menekankan pentingnya keberagaman dan kebersamaan dalam masyarakat. Projek dapat mencakup kegiatan yang mengajarkan siswa untuk menghargai perbedaan dan bekerja sama dengan teman-teman dari latar belakang yang berbeda.

4. Bangunlah Jiwa dan Raganya

Tema ini bertujuan untuk mengembangkan kesehatan fisik dan mental siswa. Kegiatan projek dapat mencakup olahraga, permainan tradisional, dan aktivitas yang mendukung kesejahteraan mental seperti meditasi dan yoga.

5. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

Projek ini fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam bidang rekayasa dan teknologi. Siswa dapat diajak untuk membuat projek sederhana seperti robot mini, alat peraga dari bahan bekas, atau aplikasi sederhana yang membantu kehidupan sehari-hari.

6. Kewirausahaan

Tema kewirausahaan mengajarkan siswa tentang dasar-dasar bisnis dan ekonomi. Kegiatan projek dapat mencakup simulasi pasar, pembuatan produk sederhana, dan belajar tentang proses jual beli.

Kesimpulan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Kelas 1 Fase A adalah upaya inovatif dalam meningkatkan kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Melalui pendekatan yang fleksibel dan berbasis projek, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih kontekstual dan relevan.

Penting bagi setiap satuan pendidikan untuk memahami dan mengimplementasikan langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat dan melaksanakan modul projek P5 ini.

Dengan demikian, tujuan utama dari pendidikan di Indonesia, yaitu menghasilkan generasi yang berkarakter kuat dan kompeten, dapat tercapai dengan lebih efektif.

Download Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A

 No Modul Projek P5 Penyusun  Unduh
1 Bhineka Tunggal Ika :
Berdamai dengan diri Happy jadi diri sendiri
Irfan Nurhakim Unduh
2 Bhineka Tunggal Ika : Berbeda itu Indah Hipni Syamsiah,S.Pd Unduh
3 Bhineka Tunggal Ika : Hadiah Untuk Teman Ajeng Wulansasi,ST.,M.Pd
Nungki Sri Handayani,
S.Pd,Dip.Montesori
Unduh
4 Bhineka Tunggal Ika : Kita berbeda kita bersama Daz Volasky Anggraeni
Heni Lestari
Unduh
5 Bhineka Tunggal Ika :
Merayakan indahnya kebudayaan Indonesia
Annisaa Nurul Sabilla,S.Pd
Nafista Alifiana,S.Pd
Unduh
6 Bhineka Tunggal Ika :
Permainan Ala Kami
Komarudin,S.kom
Ani Dwi Saraswati,S.Pd
Unduh
7 Bhineka Tunggal Ika :
Semua Dalam Satu
R Riana Chendrakasih
Siti Yeti Maryati
Unduh
8 Gaya Hidup Berkelanjutan :
Kelola Plastik untuk Bumi Lestari
NN Unduh
9 Gaya Hidup Berkelanjutan :
Cerdik Kelola Sampah Plastik
Imelda Hutapea Unduh
10 Kearifan Lokal :
Makananku Budayaku
Nova Nurmilah Syarifah Unduh
11 Bangunlah Jiwa dan Raganya :
Kenali dan Rawat Tubuhmu
Anggun Nur Fitria
Mutiaraning Pertiwi
Unduh
12 Berekayasa dan Berteknologi Untuk
membangun NKRI :
Sulap Sakti (Sulap Sampah Plastik)
Octavia Wuri
Asya Pricilla Sentausa
Unduh
13 Berekayasa dan Berteknologi Untuk
membangun NKRI :
Merancang Transportasi Masa Depan
Rizky,M.Kom Unduh
14 Berekayasa dan Berteknologi Untuk
Kewirausahaan :
Aku Punya Mainan Baru
Ely Mulyaningsih Unduh
15 Berekayasa dan Berteknologi Untuk
Kewirausahaan :
Ide Seru mengolah Buah dan Sayur
Nurlaelah
Siti Nuraeni
Unduh
16 Berekayasa dan Berteknologi Untuk
Kewirausahaan :
Menyulap barang bekas menjadi Berkualitas
(Barbeque)
Eni Arumita Sari,S.Pd
Yayat Maryati,S.Pd
Unduh

1 thought on “Modul Projek P5 SD Kelas 1 Fase A”

  1. Pingback: Modul Projek P5 SD Kelas 5 Fase C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *