Modul P5 Fase D Ragam Budaya Indonesia

Posted on

Dalam perjalanan menggali kearifan lokal dan menghormati keragaman budaya, modul P5 Fase D “Ragam Budaya Indonesia” dengan tema Bhineka Tungga Ika menjadi langkah awal menuju pemahaman yang lebih dalam.

Semboyan negara yang memayungi kita, satu nusa, satu bahasa, dan satu bangsa, menggambarkan panggilan untuk menyatu dalam keberagaman yang menjadikan Indonesia begitu unik.

Modul ini, disusun oleh Nur Rezky Aulia S, S.Pd, dan Indah Cahaya Pramesti, M.Pd, memandu peserta didik kelas 7 untuk menjelajahi kekayaan budaya dan mengapresiasi perbedaan sebagai kekuatan bersama.

Modul P5 Fase D Ragam Budaya Indonesia

Modul P5 Fase D Ragam Budaya Indonesia dengan tema Bhineka Tungga Ika memiliki peran penting sebagai pilar kebangsaan. Semboyan negara ini mencerminkan kondisi masyarakat yang beragam dan pluralis, namun tetap solid dalam satu kesatuan, satu bahasa, dan satu bangsa.

Untuk mempererat persatuan ini, penting bagi setiap warga masyarakat untuk mengenal keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Keberagaman budaya di lingkungan peserta didik dianggap sebagai sumber potensi dan perekat untuk membangun kesatuan.

Modul P5 Fase D Ragam Budaya Indonesia dengan tema Bhineka Tungga Ika menggambarkan dimensi P3 (Berkebinekaan Global, Gotong Royong, dan Beriman kepada Tuhan YME). Peserta didik diharapkan tidak hanya mengenal budaya asal mereka tetapi juga budaya lainnya, meningkatkan wawasan budaya, melestarikan budaya daerah, dan mempererat persatuan budaya di Indonesia.

Modul ini disusun oleh Nur Rezky Aulia S, S.Pd, dan Indah Cahaya Pramesti, M.Pd, dengan sasaran Fase D kelas 7 sebanyak 72 JP (jam pelajaran).

Tujuan dari Projek Ragam Budaya Indonesia meliputi:

  1. Mempromosikan budaya Indonesia dan kolaborasi yang saling terhubung serta menunjukkannya dalam perilaku.
  2. Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang ditentukan.
  3. Menggunakan hak dan kewajiban kewarganegaraan, serta mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Tahapan projek “Ragam Budaya Indonesia” melibatkan:

  1. Tahap Pengenalan:
    • Hidup dalam keberagaman.
    • Keanekaragaman di Indonesia.
    • Pemahaman mengenai penyebab perbedaan pandangan.
  2. Tahap Kontekstualisasi:
    • Semangat kerjasama dalam keberagaman.
    • Eksplorasi dan elaborasi budaya.
    • Kolaborasi dan sinergi dalam keberagaman.
  3. Tahap Aksi:
    • Kreasi pojok budaya.
    • Pelajar beraksi dan berkreasi.
  4. Tahap Umpan Balik:
    • Apresiasi karya.
    • Evaluasi kegiatan.
    • Refleksi.

Download Modul P5 Fase D Ragam Budaya Indonesia

Modul juga mencakup topik-topik seperti Hidup dalam Keberagaman, Keanekaragaman di Indonesia, Semangat Kerjasama dalam Keberagaman, Explorasi dan Elaborasi Budaya, Kolaborasi dan Sinergi dalam Keberagaman, Kreasi Pojok Budaya, Pelajar Beraksi dan Berkreasi, Apresiasi Karya, Evaluasi Kegiatan, dan Refleksi Kegiatan.

Modul P5 Fase D “Ragam Budaya Indonesia” dapat diunduh untuk informasi lebih lanjut. Semoga modul ini bermanfaat sebagai panduan bagi guru dan sekolah dalam merancang proyek P5 yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan sekolah.

Epilog

Modul ini menjadi landasan bagi perjalanan setiap individu dalam membangun identitas pribadi yang kuat, serta kesadaran akan peran pentingnya dalam melestarikan dan memperkaya keanekaragaman budaya Indonesia.

Dengan ini, setiap peserta didik diharapkan menjadi pionir perubahan positif, menjadikan Bhineka Tungga Ika sebagai semangat untuk bersama-sama mencapai masa depan yang lebih baik.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *