Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Diposting pada

Di dalam dunia pendidikan yang terus bertransformasi, Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah sebuah pintu gerbang ke dalam dimensi yang lebih dalam dan berarti. Ini adalah peluang bagi kita untuk merangkul perubahan, menggali potensi, dan memberdayakan diri dalam upaya menciptakan ruang belajar yang penuh makna.

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Pada Modul 2.2 ini, kita akan menjelajahi dunia Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dengan penuh semangat dan inspirasi. PSE bukan hanya sekadar proses pembelajaran biasa; ini adalah perjalanan yang membentuk pengalaman belajar yang memperhatikan dan merangkul kebutuhan sosial dan emosional para murid kita.

Sebagai pendidik, tugas kita bukan hanya menyediakan informasi, tetapi juga membimbing mereka untuk mencapai potensi terbaik sebagai individu dan anggota masyarakat yang berbahagia.

Di dalam Modul ini, kita akan menggali lebih dalam tentang PSE dan bagaimana hal ini dapat membantu pertumbuhan holistik murid kita. Kami akan membahas lima Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yang penting:

  1. Kesadaran diri,
  2. Manajemen diri,
  3. Kesadaran sosial,
  4. Keterampilan berelasi, dan
  5. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

PSE adalah kunci untuk mencapai potensi ini, dan Modul 2.2 tahun 2022 telah disusun oleh para ahli seperti Jilly Pingkan Kaunang, S.Si-Teol, dan Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd., dengan hak cipta yang dilindungi oleh penulis dan Dirjen GTK Kemdikbudristek 2022.

Kita akan menggali PSE melalui empat indikator penting:

  1. Pengajaran eksplisit,
  2. Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik,
  3. Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah yang mendukung, dan
  4. Penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) melalui keteladanan, proses belajar, dan kolaborasi dengan seluruh komunitas sekolah.

Capaian Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Apa yang akan Anda peroleh dari Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional ini? Ini bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang tindakan:

  1. Anda akan menjadi Guru Penggerak yang aktif dalam menetapkan tujuan, merencanakan, dan mengejar peningkatan kompetensi dan kesejahteraan psikologis diri sendiri.
  2. Anda akan memahami betapa pentingnya memahami kebutuhan belajar dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan individu di sekolah dengan aman dan nyaman.
  3. Anda akan menjadi fasilitator yang membantu rekan guru merancang pembelajaran yang memandang ke depan, mengintegrasikan PSE dalam praktek mengajar dan kurikulum akademik.

Capaian Umum Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Secara umum, profil kompetensi yang ingin kita capai adalah bahwa Guru Penggerak mampu secara aktif menetapkan tujuan, merencanakan, dan mengejar peningkatan kompetensi dan kesejahteraan psikologis (well-being).

Guru Penggerak juga memahami dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman sehingga seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis secara optimal.

Capaian Khusus Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Dalam pandangan lebih spesifik, Calon Guru Penggerak diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pentingnya Pembelajaran Sosial dan Emosional dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis.
  2. Menjelaskan konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL untuk mengembangkan lima Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE).
  3. Mempraktikkan konsep kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar untuk mengembangkan lima KSE.
  4. Mengimplementasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) melalui pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar dan kurikulum akademik, menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah yang mendukung, serta memperkuat KSE para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.

Modul ini akan mengupas tuntas:

  1. Urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.
  2. Kerangka CASEL untuk Pembelajaran Sosial dan Emosional.
  3. Konsep kesadaran penuh (mindfulness) sebagai fondasi untuk mengembangkan KSE.
  4. Empat indikator penting dalam implementasi PSE di kelas dan sekolah, termasuk pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan.

Seiring dengan penyelesaian Modul 2.2, kita meninggalkan lembaran ini dengan bekal pengetahuan, kebijaksanaan, dan semangat baru.

Semoga apa yang telah kita pelajari menjadi landasan bagi pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Dan yang lebih penting, semoga itu membantu kita membuka jalan bagi masa depan yang lebih cerah, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi murid-murid kita, serta seluruh komunitas sekolah. Selamat berbagi dan membawa perubahan yang positif ke dunia pendidikan!

Selengkapnya Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional bisa Anda unduh pada link berikut ini.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *