Materi Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2

Posted on

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas. Di dalam proses pembelajaran, kita tidak hanya memerlukan pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis.

Oleh karena itu, Materi Prakarya Kelas 7 Semester 1 dan 2 ini berisi materi-materi yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan mereka.

Buku ini mencakup berbagai aspek prakarya, termasuk kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan.

Materi Prakarya Kelas 7 Semester 1

Judul Buku

Keterangan

Kelas :7
Pengarang: Suci Paresti, Dewi Sri Handayani Nuswantari, Erny Yuliani, dan Indra Samsudin
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Tahun: 2017

Download Buku

Ukuran File: 59 MB

Kerajinan adalah salah satu bentuk seni yang menggabungkan keterampilan, imajinasi, dan ketelitian. Dalam bagian ini, siswa akan diajak untuk menjelajahi dua sub-topik utama, yaitu “Kerajinan Serat” dan “Kerajinan Tekstil.”

BAB I: Kerajinan Serat

Kerajinan serat adalah bentuk seni yang memanfaatkan bahan-bahan serat alam, seperti serat tumbuhan dan serat hewan.

Dalam sub-bab ini, siswa akan belajar tentang pengertian serat alam, jenis dan karakteristik bahan serat, serta proses produksi kerajinan dari bahan serat.

Mereka juga akan melihat contoh proyek kerajinan bahan serat, yang dapat menjadi inspirasi untuk kreativitas mereka sendiri.

BAB II: Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil melibatkan penggunaan berbagai jenis kain dan bahan tekstil. Dalam sub-bab ini, siswa akan memahami fungsi dan prinsip kerajinan tekstil, jenis dan karakteristik kerajinan tekstil, serta proses produksi kerajinan seperti tapestri, batik, sulam, dan jahit aplikasi.

Buku ini juga memberikan contoh proyek kerajinan tekstil yang dapat diikuti oleh siswa.

Rekayasa

Rekayasa adalah ilmu yang melibatkan pemahaman teknologi dan konstruksi. Dalam Materi Prakarya Kelas 7, siswa akan mempelajari “Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah.”

BAB III: Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah

Sub-bab ini membantu siswa mengenal istilah teknologi dan jenis-jenis teknologi yang ada. Mereka juga akan memahami perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis proyek konstruksi, dan fungsi teknologi konstruksi.

Siswa akan diajak untuk membuat produk konstruksi berupa miniatur rumah, yang melibatkan pengenalan bagian-bagian dasar rumah, identifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan, serta pembuatan rancangan konstruksi dan miniatur rumah itu sendiri.

Budidaya

Budidaya adalah keterampilan yang melibatkan pertanian dan pemeliharaan tanaman. Dalam bagian ini, siswa akan memahami cara “Budi Daya Tanaman Sayuran.”

BAB IV: Budi Daya Tanaman Sayuran

Sub-bab ini akan mengenalkan siswa pada berbagai jenis tanaman sayuran dan sarana produksi yang diperlukan dalam budi daya tanaman.

Siswa akan memahami tahapan budi daya tanaman sayuran, serta alternatif-alternatif yang dapat digunakan dalam budi daya, seperti media tanam dan wadah tanam.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan contoh tahapan budi daya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik.

Pengolahan: Mengubah Buah Menjadi Makanan dan Minuman

Pengolahan adalah langkah kritis dalam mengubah bahan mentah menjadi produk makanan dan minuman yang lezat.

Dalam bagian ini, siswa akan memahami cara “Pengolahan Bahan Pangan Buah Segar Menjadi Makanan dan Minuman” serta “Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Pangan.”

BAB V: Pengolahan Bahan Pangan Buah Segar Menjadi Makanan dan Minuman

Dalam Materi Prakarya Kelas 7 ini, siswa akan memahami pengertian buah segar, karakteristik buah-buahan, serta kandungan dan manfaat buah-buahan.

Mereka juga akan mempelajari berbagai teknik pengolahan pangan, termasuk pengolahan dengan panas basah, panas kering, dan teknik lainnya.

Selain itu, buku ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengubah buah-buahan menjadi makanan dan minuman yang lezat, serta cara menyajikannya dengan baik.

BAB VI: Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Pangan

Materi Prakarya Kelas 7 ini akan membahas pengolahan bahan pangan hasil samping buah. Siswa akan memahami pengertian bahan pangan hasil samping buah, karakteristiknya, dan kandungan serta manfaatnya.

Mereka juga akan mempelajari teknik pengolahan yang diperlukan untuk mengubah bahan pangan hasil samping buah menjadi produk pangan yang siap dikonsumsi.

Buku ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan pengolahan ini, serta tips tentang penyajian dan pengemasan yang menarik.

Penutup

Buku ini dirancang untuk memotivasi siswa dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan mereka. Melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan, siswa diharapkan akan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Semua Materi Prakarya Kelas 7 ini disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dilengkapi dengan contoh proyek-proyek praktis yang dapat diikuti oleh siswa.

Dengan demikian, buku ini merupakan panduan yang sempurna untuk menggali potensi kreatif dan keterampilan siswa dalam berbagai bidang prakarya. Selamat belajar dan berkarya!

Materi Prakarya Kelas 7 Semester 2

Judul Buku

Keterangan

Kelas :7
Pengarang: Suci Paresti, Dewi Sri Handayani Nuswantari, Erny Yuliani, dan Indra Samsudin
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Tahun: 2017

Download Buku

Ukuran File: 19 MB

Kerajinan: Kreativitas dari Bahan Limbah Lunak

Bab ini memperkenalkan siswa pada konsep kerajinan yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan limbah lunak.

Dalam memahami prinsip kerajinan bahan limbah lunak, siswa diajak untuk mengenal jenis dan karakteristik bahan limbah lunak, serta proses pengolahannya.

Melalui pemaparan yang komprehensif, siswa dapat memahami berbagai produk kerajinan dari bahan limbah lunak, baik organik seperti kertas, kulit jagung, jerami, dan pelepah pisang, maupun anorganik seperti plastik, kotak kemasan, dan kain perca.

Selain itu, penting untuk memahami kemasan produk kerajinan bahan limbah lunak dan cara berkarya dengan bahan ini.

Dengan pemahaman ini, siswa akan terinspirasi untuk menciptakan karya seni dari bahan yang sering dianggap sebagai sampah.

Rekayasa: Mengenal Teknologi Konstruksi Miniatur Jembatan

Bab ini memperkenalkan siswa pada dunia rekayasa konstruksi jembatan. Siswa akan belajar tentang sejarah perkembangan jembatan, berbagai jenis jembatan, dan peran sosial yang dimainkan oleh jembatan dalam masyarakat.

Setelah itu, siswa akan memahami prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan, termasuk bagian-bagian konstruksi, alat dan bahan yang digunakan, serta cara membuat rancangan konstruksi miniatur jembatan.

Dalam bab ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknik pembuatan miniatur jembatan, yang merupakan wujud konkret dari pembelajaran rekayasa.

Melalui praktik membuat karya konstruksi miniatur jembatan, siswa akan merasakan proses kreasi dalam dunia rekayasa.

Budi Daya Tanaman Obat

Penting untuk mengajarkan siswa tentang budidaya tanaman obat, yang merupakan aspek penting dalam pemahaman tentang tanaman obat dan pengobatan alami.

Materi Prakarya Kelas 7 ini memberikan informasi mengenai jenis-jenis tanaman obat, sarana produksi budidaya tanaman obat, serta tahapan budidaya tanaman obat.

Siswa juga akan memahami contoh tahapan budidaya tanaman obat dan alternatif media tanam yang dapat digunakan.

Pengetahuan tentang tanaman obat memiliki manfaat jangka panjang dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang pentingnya alam dan keanekaragaman hayati.

Budidaya tanaman obat juga memberikan pelajaran tentang pentingnya keberlanjutan dan bagaimana kita dapat berkontribusi dalam melestarikan tanaman obat yang berharga ini.

Pengolahan Bahan Pangan

Dalam bab ini, siswa akan belajar tentang pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan.

Pengertian sayuran, klasifikasi, kandungan, dan manfaatnya akan diuraikan secara detail. Siswa akan diajarkan teknik pengolahan pangan, termasuk teknik pengolahan pangan panas kering dan tahapan pengolahan bahan pangan sayuran.

Siswa akan memahami cara pembuatan makanan dan minuman sehat dari sayuran, serta penyajian dan pengemasan yang tepat.

Materi Prakarya Kelas 7 ini juga mempromosikan evaluasi diri, yang penting dalam mengembangkan keterampilan memasak dan pemahaman tentang makanan sehat. Ini adalah langkah penting dalam memberdayakan siswa untuk membuat pilihan makanan yang lebih bijak.

Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping

Bab ini mengajarkan siswa cara mengolah bahan pangan hasil samping sayuran menjadi produk pangan yang bermanfaat.

Siswa akan memahami pengertian bahan pangan hasil samping sayuran, klasifikasi, kandungan, dan manfaatnya.

Selain itu, siswa akan diajarkan teknik pengolahan pangan dan cara membuat produk pangan dari bahan pangan hasil samping sayuran.

Penyajian, pengemasan, evaluasi diri, dan rangkuman juga menjadi bagian penting dari bab ini. Siswa akan belajar bagaimana mengurangi limbah makanan dan memaksimalkan penggunaan sumber daya pangan dengan memanfaatkan bahan pangan hasil samping sayuran.

Kesimpulan

Materi Prakarya Kelas 7 dalam mata pelajaran Prakarya ini merupakan panduan yang lengkap dan informatif bagi siswa untuk memahami berbagai aspek kreativitas, teknologi, pertanian, dan pengolahan makanan.

Materi yang diajarkan dalam buku ini menginspirasi siswa untuk menjadi lebih kreatif, lebih peduli terhadap lingkungan, dan lebih sehat melalui pemahaman yang mendalam tentang bahan limbah lunak, konstruksi jembatan, tanaman obat, dan pengolahan makanan.

Semua ini adalah langkah penting dalam membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan peduli tentang keberlanjutan dan kesehatan.

Mari kita bersama-sama menjadikan buku ini sebagai panduan untuk pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi masa depan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *