Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2

Selamat datang, teman-teman! Hari ini kita akan membahas materi bahasa Indonesia kelas 7 yang mengambil inspirasi dari buku “Menjadi Pembaca dan Penulis Hebat.”

Ini adalah salah satu buku yang akan membantu kalian dalam menjelajahi dunia bahasa Indonesia dengan lebih baik.

Kita akan mempelajari delapan bab yang membahas berbagai aspek menulis dan membaca yang penting untuk dikuasai.

Jadi, bersiap-siaplah untuk memahami dan menguasai materi bahasa Indonesia kelas 7 dengan baik.

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7

Judul Buku

Keterangan

Kelas : 7
Pengarang: Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Tahun: 2017

Download Buku

Ukuran File: 23,65 Mb

Bab 1: Belajar Mendeskripsikan

Di bab pertama ini, kita akan belajar cara mendeskripsikan sesuatu. Mendeskripsikan adalah cara untuk mengungkapkan dengan jelas tentang sesuatu agar pembaca atau pendengar bisa membayangkan dengan baik.

Kamu akan belajar menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi, menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi, serta menyajikan teks deskripsi secara lisan dan tulis.

Tentu saja, untuk menjadi penulis hebat, kamu perlu memahami bagaimana cara membuat deskripsi yang hidup dan menarik.

Ini sangat penting, terutama jika kamu suka menulis cerita atau melaporkan suatu peristiwa. Ingat, deskripsi yang baik adalah kunci untuk memikat pembaca.

Bab 2: Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi

Sekarang kita akan masuk ke bab kedua, yang membahas cerita fantasi. Di sini, kamu akan belajar cara mengidentifikasi unsur cerita fantasi, menceritakan kembali isi cerita fantasi yang kamu baca atau dengar, dan tentu saja, cara menyajikan cerita fantasi.

Kamu bisa menjadi seorang penulis cerita fantasi yang hebat dengan memahami bagaimana menggambarkan dunia imajinatifmu dengan kata-kata.

Tak hanya itu, dengan memahami struktur cerita fantasi, kamu akan bisa mengejutkan pembaca dengan alur cerita yang menarik dan tak terduga.

Bab 3: Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur

Bab ketiga membawa kita ke dunia teks prosedur. Apa itu? Teks prosedur adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan sesuatu.

Di sini, kamu akan belajar mengidentifikasi ciri teks prosedur, menyimpulkan isi teks prosedur, menelaah struktur dan bahasa pada teks prosedur, serta tentu saja, bagaimana cara menulis dan memeragakan teks prosedur.

Menulis teks prosedur bisa sangat bermanfaat. Kalian bisa mengajarkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu dengan langkah-langkah yang jelas. Jadi, bukan hanya menjadi penulis hebat, tapi juga bisa menjadi guru yang baik.

Bab 4: Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi

Di bab keempat, kita akan membahas laporan hasil observasi. Laporan hasil observasi adalah cara kita membagikan pengetahuan yang kita peroleh dari mengamati sesuatu.

Kamu akan belajar mengidentifikasi teks hasil observasi, menyimpulkan isi laporan hasil observasi, menelaah struktur dan bahasa teks hasil observasi, serta merangkum dan menyajikan laporan hasil observasi.

Menulis laporan hasil observasi bisa membantu mengembangkan keterampilan kamu dalam mengamati, menganalisis, dan menyajikan informasi. Kalian akan belajar cara berkomunikasi dengan jelas melalui tulisan.

Bab 5: Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat

Masuk ke bab kelima, kita akan mempelajari puisi rakyat. Apa yang membuat puisi rakyat begitu istimewa?

Di sini, kamu akan belajar mengenal dan memahami puisi rakyat, menyimpulkan isi puisi rakyat, menelaah struktur dan kebahasaan dalam puisi rakyat, dan tentu saja, cara menyajikan puisi rakyat secara lisan dan tulis.

Puisi rakyat adalah bagian dari warisan budaya kita. Dengan memahaminya, kamu akan bisa menghargai keindahan bahasa dan cerita-cerita luhur yang dilestarikan dalam bentuk puisi.

Bab 6: Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel

Di bab keenam, kita akan menjelajahi fabel. Fabel adalah cerita pendek yang mengandung pelajaran moral. Di sini, kamu akan belajar mengenali ciri fabel, menceritakan kembali isi fabel, dan tentu saja, cara memerankan isi fabel.

Fabel adalah cara yang menyenangkan untuk memahami moralitas dan bagaimana cerita dapat menjadi alat pembelajaran yang kuat. Kamu bisa menjadi penulis yang pintar dengan menyajikan cerita fabel yang menginspirasi.

Bab 7: Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas

Masuk ke bab ketujuh, kita akan membahas surat pribadi dan surat dinas. Di sini, kamu akan belajar mengenal dan memahami surat, menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas, menelaah struktur dan bahasa dalam surat tersebut, serta cara menulis surat pribadi dan surat dinas dalam bentuk kertas atau email.

Kemampuan menulis surat adalah keterampilan yang penting, terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Surat pribadi adalah cara yang indah untuk berbagi perasaan dan pengalaman, sementara surat dinas adalah cara formal berkomunikasi dalam dunia pekerjaan.

Bab 8: Menjadi Pembaca Efektif

Terakhir, kita akan belajar bagaimana menjadi pembaca efektif. Bagaimana cara memahami unsur pembangun buku nonfiksi, merangkum buku, menelaah unsur buku, dan membuat komentar yang bermakna?

Ini adalah keterampilan penting yang akan membantu kamu menjadi pembaca yang cerdas dan kritis.

Sebagai pembaca yang efektif, kamu akan bisa memahami dunia melalui buku-buku nonfiksi dengan lebih baik dan berkontribusi dalam pembicaraan tentang karya sastra yang kamu baca.

Materi Bahasa Indonesia & Sastra Kelas 7

Judul Buku

Keterangan

Kelas: 7
Pengarang: Asep Yudha Wirajaya dan Sudarmawarti
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
Tahun: 2010

Download Buku

Ukuran File: 9 Mb

Pelajaran 1: Peristiwa

Materi ini membahas cara menyimpulkan isi berita, menceritakan pengalaman paling mengesankan, menceritakan kembali cerita anak, dan menulis buku harian atau pengalaman pribadi.

Hal ini sangat penting dalam membantu kita menjadi pembaca dan penulis yang lebih baik.

  1. Menyimpulkan Isi BeritaSalah satu keterampilan penting dalam Bahasa Indonesia adalah kemampuan untuk menyimpulkan isi berita. Dalam pelajaran ini, kita belajar bagaimana merangkum berita dengan jelas dan tepat.
  2. Menceritakan Pengalaman Paling MengesankanKita semua punya pengalaman yang berkesan, bukan? Pelajaran ini mengajarkan kita cara menceritakannya dengan rinci dan penuh emosi, sehingga pembaca dapat merasakan apa yang kita alami.
  3. Menceritakan Kembali Cerita AnakSiapa yang tidak suka cerita anak? Pelajaran ini membantu kita mengasah keterampilan menceritakan ulang cerita anak dengan cara yang menarik dan menarik perhatian.
  4. Menulis Buku Harian atau Pengalaman PribadiMenulis buku harian atau pengalaman pribadi adalah cara fantastis untuk berlatih mengekspresikan diri. Pelajaran ini memberi kita wawasan tentang cara melakukannya.

Pelajaran 2: Pendidikan

Kita semua tahu pentingnya pendidikan, bukan? Materi ini membahas bagaimana menulis kembali berita yang dibacakan, bercerita, membaca dengan mencari kata tertentu dalam kamus, dan menulis surat pribadi.

  1. Menulis Kembali Berita yang DibacakanPelajaran ini membantu kita melatih kemampuan menulis ulang berita yang kita dengar atau baca dengan cara yang lebih menarik dan informatif.
  2. BerceritaMenceritakan kisah-kisah adalah keterampilan penting dalam Bahasa Indonesia. Pelajaran ini mengajarkan kita cara membuat cerita yang memikat pembaca.
  3. Membaca dengan Mencari Kata Tertentu dalam KamusKeterampilan mencari kata dalam kamus sangat berguna saat kita ingin memahami teks yang lebih sulit. Pelajaran ini akan membantu kita menguasainya.
  4. Menulis Surat PribadiMenulis surat pribadi adalah cara indah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pelajaran ini memberi kita petunjuk tentang cara melakukannya dengan baik.

Pelajaran 3: Olahraga

Bagi pecinta olahraga, materi ini sangat menarik. Kita akan memahami bagaimana menemukan hal-hal menarik dari dongeng, menyampaikan pengumuman, membaca dengan cepat, dan menulis pengumuman.

  1. Menemukan Hal-hal Menarik dari DongengDongeng sering kali memiliki pelajaran berharga. Pelajaran ini membantu kita menggali hikmah-hikmah itu.
  2. Menyampaikan PengumumanKemampuan menyampaikan informasi secara efektif adalah keterampilan yang berguna dalam berbagai situasi. Pelajaran ini membantu kita mengasahnya.
  3. Membaca Cepat 200 Kata per MenitMembaca cepat adalah keterampilan yang berguna dalam dunia yang terus bergerak. Pelajaran ini memberi kita teknik untuk mencapainya.
  4. Menulis PengumumanMampu menulis pengumuman dengan jelas adalah keterampilan yang berguna dalam berbagai konteks. Pelajaran ini memberi kita panduan untuk melakukannya.

Pelajaran 4: Moral

Kita akan mempelajari cara menunjukkan hubungan isi dongeng dengan situasi sekarang, menceritakan pengalaman paling mengesankan, membacakan teks perangkat upacara, dan menulis pantun.

  1. Menunjukkan Hubungan Isi Dongeng dengan Situasi SekarangDongeng sering kali berisi pesan moral yang relevan dengan kehidupan kita. Pelajaran ini membantu kita menghubungkannya.
  2. Menceritakan Pengalaman yang Paling MengesankanMenceritakan pengalaman paling berkesan adalah cara yang bagus untuk berbagi nilai dan pelajaran yang kita ambil dari kehidupan.
  3. Membacakan Teks Perangkat UpacaraUpacara adalah bagian penting dalam budaya kita. Pelajaran ini membantu kita memahami dan membacakan teks perangkat upacara.
  4. Menulis PantunMenulis pantun adalah bentuk seni yang indah. Pelajaran ini memberi kita dasar-dasar untuk membuat pantun yang indah.

Pelajaran 5: Kesehatan

Materi ini membahas cara menulis ulang berita yang dibacakan, bercerita dengan alat peraga, mengomentari buku cerita yang dibaca, dan menulis ulang cerita dongeng.

  1. Menuliskan Kembali Berita yang DibacakanKemampuan merangkum berita adalah keterampilan penting dalam berbagai konteks. Pelajaran ini membantu kita melatihnya.
  2. Bercerita dengan Alat PeragaAlat peraga adalah cara yang fantastis untuk membuat cerita lebih hidup dan berkesan. Pelajaran ini mengajarkan kita cara melakukannya.
  3. Mengomentari Buku Cerita yang DibacaMemberikan komentar yang informatif tentang buku yang kita baca adalah cara bagus untuk berbagi pandangan dan memahami lebih dalam.
  4. Menulis Kembali Cerita DongengDongeng seringkali memiliki pesan moral yang berharga. Pelajaran ini membantu kita mengasah keterampilan menulis ulang cerita dengan tema-tema ini.

Evaluasi Pelajaran 1 hingga 5:

Saat kita menyelesaikan materi-materi ini, kita akan melihat kemajuan besar dalam kemampuan kita dalam membaca, menulis, dan berbicara Bahasa Indonesia. Pelajaran ini akan membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Pelajaran 6: Lingkungan

Kita akan mempelajari cara menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber, menceritakan tokoh idola, membaca indah puisi, dan mengubah teks wawancara menjadi narasi.

  1. Menyimpulkan Pikiran, Pendapat, dan Gagasan NarasumberKemampuan untuk merangkum dan memahami pandangan orang lain adalah keterampilan berharga dalam kehidupan sehari-hari kita.
  2. Menceritakan Tokoh IdolaTokoh idola kita sering kali menjadi sumber inspirasi. Pelajaran ini membantu kita berbicara tentang mereka dengan penuh semangat.
  3. Membaca Indah PuisiPuisi adalah bentuk seni yang indah. Materi ini akan membantu kita memahami dan menikmati puisi dengan lebih baik.
  4. Mengubah Teks Wawancara Menjadi NarasiMerubah wawancara menjadi narasi yang menarik adalah keterampilan yang bermanfaat dalam berbagai situasi.

Evaluasi Pelajaran 6:

Dalam pelajaran ini, kita akan menggali pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan dan juga mengasah kemampuan berbicara dan menulis kita.

Pelajaran 7: Ekonomi

Kita akan mempelajari cara menuliskan hal-hal penting dalam wawancara, menanggapi pembacaan cerpen, mengungkap hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi, dan mengubah teks wawancara menjadi narasi.

  1. Menuliskan Hal-hal Penting dalam WawancaraKemampuan menulis wawancara yang padat adalah keterampilan yang bermanfaat dalam dunia kerja dan penelitian.
  2. Menanggapi Pembacaan CerpenKita akan belajar cara menggali makna cerpen dan meresponsnya secara kritis.
  3. Mengungkap Hal-hal yang Dapat Diteladani dari Buku BiografiBiografi adalah sumber inspirasi. Pelajaran ini akan membantu kita mengekspresikan apa yang kita pelajari dari mereka.
  4. Mengubah Teks Wawancara Menjadi NarasiDalam pelajaran ini, kita akan belajar cara mengubah teks wawancara menjadi narasi yang lebih menarik.

Evaluasi Pelajaran 7:

Dalam pelajaran ini, kita akan memahami bagaimana ekonomi mempengaruhi kehidupan kita dan juga meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis kita.

Pelajaran 8: Budaya

Materi ini membahas cara menanggapi pembacaan puisi, berbicara melalui telepon, menemukan realitas kehidupan anak dalam buku cerita anak, dan menulis pesan singkat.

  1. Menanggapi Pembacaan PuisiPuisi adalah bentuk seni yang indah. Pelajaran ini akan membantu kita menghargai dan merespons puisi dengan lebih baik.
  2. BerteleponBerbicara melalui telepon adalah keterampilan yang berguna dalam dunia yang semakin terhubung. Pelajaran ini membantu kita berbicara dengan efektif.
  3. Menemukan Realitas Kehidupan Anak dalam Buku Cerita AnakBuku cerita anak sering mengandung pesan moral dan realitas kehidupan anak. Pelajaran ini membantu kita mengekspresikan pandangan kita tentang topik ini.
  4. Menulis Pesan SingkatMenulis pesan singkat adalah keterampilan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajaran ini membantu kita melakukannya dengan baik.

Evaluasi Pelajaran 8:

Dalam pelajaran ini, kita akan merenungkan tentang budaya, cara kita berkomunikasi, dan juga meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis kita.

Pelajaran 9: Pariwisata

Kita akan mempelajari cara menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber, menjelaskan tokoh serta hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial, menemukan gagasan utama suatu teks, dan menulis kreatif puisi berkaitan dengan keindahan alam.

  1. Menyimpulkan Pikiran, Pendapat, dan Gagasan dari NarasumberKemampuan untuk merangkum pendapat dan gagasan orang lain adalah keterampilan berharga dalam berbagai konteks.
  2. Menjelaskan Tokoh serta Hubungan Latar Suatu Cerpen dengan Realitas SosialDalam pelajaran ini, kita akan memahami cara cerpen mencerminkan realitas sosial.
  3. Menemukan Gagasan Utama Suatu TeksKeterampilan ini sangat berguna dalam memahami teks-teks yang lebih kompleks.
  4. Menulis Kreatif Puisi Berkaitan dengan Keindahan AlamAlam sering menjadi sumber inspirasi bagi puisi. Pelajaran ini membantu kita mengekspresikan cinta kita pada alam.

Evaluasi Pelajaran 9:

Dalam pelajaran ini, kita akan merenungkan keindahan alam dan juga meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis kita.

Pelajaran 10: Perdagangan

Materi terakhir ini membahas cara merefleksi isi puisi yang dibacakan, menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial, menemukan informasi dari tabel atau diagram, dan menulis kreatif puisi berkaitan dengan peristiwa yang pernah dialami.

  1. Merefleksi Isi Puisi yang DibacakanPuisi sering kali memiliki makna mendalam. Pelajaran ini membantu kita memahami pesan di balik kata-kata.
  2. Menjelaskan Hubungan Latar Suatu Cerpen dengan Realitas SosialCerpen sering mencerminkan realitas sosial. Dalam pelajaran ini, kita akan memahaminya lebih dalam.
  3. Menemukan Informasi dari Tabel atau DiagramKeterampilan ini berguna dalam dunia yang semakin banyak informasi. Pelajaran ini akan membantu kita menjadi pembaca yang lebih cerdas.
  4. Menulis Kreatif Puisi Berkaitan dengan Peristiwa yang Pernah DialamiPengalaman pribadi adalah sumber inspirasi yang hebat. Pelajaran ini akan membantu kita mengekspresikannya dalam puisi.

Evaluasi Pelajaran 10:

Dalam pelajaran terakhir ini, kita akan merenungkan tentang perdagangan dan juga meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis kita.

Penutup

Demikianlah materi bahasa Indonesia kelas 7 dari buku “Menjadi Pembaca dan Penulis Hebat.” Materi ini akan membantu kalian memahami berbagai aspek bahasa Indonesia dengan lebih baik, mulai dari mendeskripsikan hingga menjadi pembaca efektif.

Jadi, jangan ragu untuk menggali lebih dalam setiap bab dan berlatih sebanyak mungkin.

Ingatlah, menjadi pembaca dan penulis yang hebat memerlukan latihan dan kesabaran. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik kemampuan bahasa Indonesiamu.

Jadi, mari bersama-sama menjelajahi dunia kata-kata dan cerita, dan menjadi pembaca serta penulis yang hebat. Selamat belajar!

Leave a Comment