Kingdom Animalia, Ciri, Contoh dan Karakteristiknya

Posted on

Hewan-hewan yang mendiami permukaan bumi sangatlah beragam dalam hal bentuk, ukuran, dan perilaku.

Dari serangga kecil yang bersembunyi di rerumputan hingga mamalia besar yang berkeliaran di hutan belantara, setiap spesies memiliki ciri khasnya sendiri.

Dalam ilmu biologi, hewan-hewan ini termasuk dalam Kingdom Animalia, yang merupakan salah satu dari lima kingdom yang ada di dunia ini.

Artikel ini akan membahas secara lebih mendalam tentang Kingdom Animalia, serta keanekaragaman hewan yang ada di dalamnya.

Pengertian Kingdom Animalia

Kingdom Animalia, atau Kerajaan Hewan, adalah salah satu dari lima kingdom dalam taksonomi yang digunakan untuk mengklasifikasikan semua bentuk kehidupan di Bumi.

Kingdom Animalia terdiri dari hewan-hewan yang memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dari kingdom lainnya.

Ciri utama dari hewan-hewan dalam Kingdom Animalia adalah keberadaan tulang belakang atau vertebrata, namun ada juga hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau invertebrata.

Hewan Invertebrata

 

Dalam Kingdom Animalia, terdapat kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau invertebrata. Kelompok ini mencakup banyak jenis hewan dengan ciri-ciri yang unik dan menarik.

Salah satu contoh kelompok hewan invertebrata adalah Porifera atau spons.

Porifera memiliki pori-pori di tubuhnya dan hidup di lingkungan air, seperti di perairan laut. Coelenterata, kelompok hewan berongga seperti ubur-ubur, juga termasuk dalam kategori invertebrata.

Selain Porifera dan Coelenterata, terdapat kelompok hewan invertebrata lainnya dalam Kingdom Animalia.

Platyheminthes atau cacing pipih, serta Nemathelminthes atau cacing gilig, merupakan contoh hewan invertebrata dengan bentuk tubuh yang unik.

Annelida, yang mencakup cacing tanah dengan tubuh beruas-ruas, juga termasuk dalam kelompok invertebrata.

Mollusca adalah kelompok hewan invertebrata dengan tubuh lunak yang dapat memiliki cangkang. Contoh hewan mollusca yang terkenal adalah cumi-cumi dan siput.

Ada pula kelompok hewan invertebrata Arthropoda, yang mencakup serangga, udang, laba-laba, dan kaki seribu.

Hewan-hewan ini memiliki tubuh beruas-ruas yang terbungkus oleh zat kitin. Terakhir, ada juga kelompok Echinodermata yang mencakup bintang laut dan teripang.

Hewan-hewan ini memiliki tubuh yang diselimuti oleh duri dan memiliki lima lengan.

Hewan Vertebrata

 

Selain invertebrata, Kingdom Animalia juga mencakup hewan-hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang. Kelompok vertebrata mencakup berbagai jenis hewan, mulai dari ikan, amfibi, reptil, burung, hingga mamalia.

Setiap kelompok vertebrata memiliki ciri-ciri dan adaptasi yang memungkinkan mereka bertahan hidup di berbagai habitat.

Baca juga: Kingdom Plantae

Ikan

Ikan adalah kelompok vertebrata yang hidup di air. Ada berbagai jenis ikan yang tersebar di seluruh perairan di dunia ini.

Beberapa contoh ikan yang terkenal adalah ikan koi, salmon, dan hiu. Setiap jenis ikan memiliki adaptasi unik untuk bertahan hidup di habitatnya masing-masing.

Beberapa ikan memiliki bentuk tubuh yang aerodinamis untuk berenang dengan cepat, sementara yang lain memiliki warna cerah untuk bersembunyi di antara terumbu karang.

Keanekaragaman ikan ini membuat dunia bawah laut menjadi tempat yang menakjubkan untuk dieksplorasi.

Amfibi dan Reptil

Amfibi dan reptil adalah kelompok vertebrata yang dapat hidup baik di air maupun di darat. Amfibi, seperti katak dan salamander, memiliki siklus hidup yang melibatkan perubahan dari tahap bertelur menjadi bertubuh lunak hingga menjadi makhluk yang dapat hidup di darat.

Mereka memiliki kulit yang lembab dan memiliki kemampuan bernapas melalui kulit. Sementara itu, reptil, seperti kadal, ular, dan kura-kura, memiliki kulit bersisik yang melindungi tubuh mereka dan memungkinkan mereka hidup di darat dengan baik.

Reptil juga memiliki adaptasi khusus untuk menjaga suhu tubuh mereka, seperti basking di bawah sinar matahari untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Burung

Burung adalah kelompok vertebrata yang memiliki kemampuan terbang. Dari burung pemakan serangga yang kecil hingga burung pemangsa yang besar, setiap jenis burung memiliki bentuk tubuh, warna bulu, dan suara yang khas.

Contoh burung yang terkenal adalah burung merak, burung camar, dan burung hantu. Burung memiliki kemampuan terbang yang unik, dengan sayap dan tulang yang ringan untuk menghasilkan daya angkat yang cukup.

Selain itu, burung juga memiliki paruh yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis makanan yang mereka konsumsi.

Mamalia

Mamalia adalah kelompok vertebrata yang paling dikenal oleh manusia. Manusia sendiri termasuk dalam kelompok ini. Mamalia memiliki ciri khas berupa rambut yang menutupi tubuh, serta menyusui anaknya dengan kelenjar susu.

Kelompok mamalia mencakup berbagai jenis hewan, mulai dari tikus kecil hingga gajah besar.

Mamalia memiliki beragam adaptasi yang memungkinkan mereka bertahan hidup di berbagai habitat. Beberapa mamalia memiliki bulu yang tebal untuk melindungi dari cuaca dingin, sementara yang lain memiliki kaki yang kuat untuk berlari dengan cepat.

Kesimpulan

Kingdom Animalia adalah kerajaan yang mengelompokkan semua hewan di dunia ini. Dalam kingdom ini, terdapat keanekaragaman yang luar biasa, baik pada hewan invertebrata maupun vertebrata.

Mulai dari hewan-hewan yang hidup di air, di darat, hingga di udara, setiap spesies hewan memiliki keunikan dan peranan penting dalam ekosistem.

Keanekaragaman hewan-hewan ini memperkaya kehidupan di Bumi dan memberikan kita pemahaman yang lebih dalam tentang keajaiban alam.

Dengan melindungi dan melestarikan keragaman hewan, kita juga menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan planet kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *