Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan berbunga adalah tumbuhan yang memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakannya. Tumbuhan berbunga dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil.

Tumbuhan dikotil merupakan kelompok tumbuhan berbunga yang paling banyak jumlahnya. Tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri yang khas yang dapat membedakannya dari tumbuhan monokotil.

Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan dikotil:

  • Akar tunggang

Tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang, yaitu akar utama yang tumbuh tegak ke bawah. Akar tunggang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah.

  • Batang berkayu

Batang tumbuhan dikotil umumnya berkayu. Kayu berfungsi untuk memperkuat batang dan menopang tumbuhan.

  • Daun majemuk

Daun tumbuhan dikotil umumnya majemuk, yaitu terdiri dari beberapa helaian daun yang tersusun pada satu tangkai daun.

  • Bunga berkelipatan empat atau lima

Bunga tumbuhan dikotil umumnya berkelipatan empat atau lima. Artinya, jumlah benang sari, putik, dan daun mahkotanya adalah kelipatan empat atau lima.

  • Biji berkeping dua

Biji tumbuhan dikotil memiliki dua keping biji. Keping biji ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan bagi embrio.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang ciri-ciri tumbuhan dikotil:

Akar tunggang

Akar tunggang adalah akar utama yang tumbuh tegak ke bawah. Akar tunggang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah. Akar tunggang tumbuhan dikotil umumnya memiliki percabangan yang tidak teratur.

Batang berkayu

Batang berkayu adalah batang yang memiliki jaringan kayu di dalamnya. Jaringan kayu berfungsi untuk memperkuat batang dan menopang tumbuhan. Batang tumbuhan dikotil umumnya memiliki ruas-ruas yang tidak jelas.

Daun majemuk

Daun majemuk adalah daun yang terdiri dari beberapa helaian daun yang tersusun pada satu tangkai daun. Daun majemuk dapat berupa daun menyirip, daun menjari, atau daun majemuk campuran.

Bunga berkelipatan empat atau lima

Bunga berkelipatan empat atau lima adalah bunga yang jumlah bagian-bagiannya adalah kelipatan empat atau lima. Bagian-bagian bunga yang dimaksud adalah benang sari, putik, dan daun mahkota.

Biji berkeping dua

Biji berkeping dua adalah biji yang memiliki dua keping biji. Keping biji ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan bagi embrio.

Contoh tumbuhan dikotil

Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan dikotil:

  • Anggrek
  • Kacang-kacangan
  • Bunga matahari
  • Pohon mangga
  • Pohon kelapa

Tumbuhan dikotil memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tumbuhan dikotil dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, obat-obatan, dan bahan baku industri.

Kesimpulan

Tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri yang khas yang dapat membedakannya dari tumbuhan monokotil. Ciri-ciri tersebut antara lain akar tunggang, batang berkayu, daun majemuk, bunga berkelipatan empat atau lima, dan biji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

1 thought on “Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil”

Leave a Comment