Buku Paket PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 dan Merdeka

Ketika bicara tentang pendidikan di Indonesia, salah satu mata pelajaran yang sangat penting adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Dan di kelas sembilan, ada satu buku yang menjadi panduan utama dalam memahami nilai-nilai kewarganegaraan dan Pancasila, yaitu “Buku Paket PKN Kelas 9.”

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam setiap bab dari buku ini. Saya akan memandu kamu melalui dinamika perwujudan Pancasila, pembukaan UUD 1945, kedaulatan negara, keberagaman masyarakat, harmoni keberagaman, dan pentingnya bela negara dalam konteks NKRI. Ayo kita mulai!

Buku Paket PKN Kelas 9

Nama Buku

Keterangan

Pengarang: Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra.
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Tahun: 2018

Download Buku

Ukuran 33.80 Mb

Kata Kunci:

  • Buku paket PKN kelas 9
  • Pancasila
  • Kewarganegaraan
  • UUD 1945
  • Kedaulatan negara
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • Keberagaman masyarakat
  • Harmoni keberagaman
  • Bela negara
  • NKRI
  • Pendidikan kewarganegaraan
  • Nilai-nilai Pancasila
  • Persatuan dalam keberagaman
  • Konflik SARA
  • Pendidikan Indonesia

Bab Pertama: Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Pertama-tama, mari kita membicarakan bab pertama dari “Buku Paket PKN Kelas 9.” Bab ini membahas dinamika perwujudan Pancasila dari masa ke masa.

Pancasila adalah pondasi dari negara kita, dan sangat penting untuk memahami bagaimana nilai-nilai ini telah berkembang seiring berjalannya waktu.

Kata “Buku paket PKN kelas 9” akan kita temukan di sepanjang artikel ini, karena buku ini adalah sumber informasi utama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di tingkat kelas sembilan.

Saya akan menunjukkan kepada kamu bagaimana buku ini membantu kita dalam memahami nilai-nilai Pancasila dan peran mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Bab Kedua: Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Bab kedua membahas pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Ini adalah salah satu bagian paling penting dalam konstitusi kita, dan buku ini membantu kita memahami makna dan pokok pikiran yang terkandung di dalamnya.

Buku ini menjelaskan dengan jelas bagaimana UUD 1945 membentuk landasan hukum negara kita dan memberikan arah bagi pembangunan negara.

Kami akan membahas bagaimana buku ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang makna dan tujuan dari pembukaan UUD 1945.

Bab Ketiga: Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bab ketiga membahas kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia. Kedaulatan adalah konsep penting dalam politik dan hukum, dan buku ini menjelaskan dengan rinci hakikat dan teori kedaulatan serta bagaimana prinsip-prinsip ini diimplementasikan sesuai dengan UUD 1945.

Buku ini membantu kita memahami bagaimana konsep ini berperan dalam pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia. Kami akan membahas bagaimana buku ini menjelaskan bentuk dan prinsip kedaulatan negara Republik Indonesia.

Bab Keempat: Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Keberagaman adalah ciri khas Indonesia, dan bab keempat ini membahas bagaimana keberagaman masyarakat Indonesia tercermin dalam konsep Bhinneka Tunggal Ika.

Kita akan mendalami makna persatuan dalam kebangsaan dan prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan.

Buku ini menjelaskan bagaimana prinsip-prinsip ini membantu mencegah konflik yang bersifat SARA. Kami akan membahas bagaimana buku ini menguraikan permasalahan keberagaman dalam masyarakat Indonesia dan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA.

Bab Kelima: Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia

Bab kelima membahas bagaimana mencapai harmoni dalam keberagaman sosial budaya, ekonomi, dan gender dalam konsep Bhinneka Tunggal Ika.

Kita akan menjelajahi permasalahan yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia dan upaya penyelesaian yang dijelaskan dalam buku ini.

Buku ini membantu kita memahami bagaimana harmoni dalam keberagaman menjadi kunci untuk membangun masyarakat yang adil dan berkeadilan.

Kami akan membahas permasalahan yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia dan upaya penyelesaiannya.

Bab Keenam: Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Terakhir, bab keenam membahas pentingnya bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Buku ini menjelaskan makna bela negara, peraturan perundang-undangan yang mengaturnya, dan perjuangan untuk mempertahankan NKRI.

Buku ini menjelaskan bagaimana setiap warga negara memiliki peran dalam mempertahankan NKRI. Kami akan membahas semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI.

Kesimpulan:

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi buku “Pancasila dan Kewarganegaraan” sebagai panduan penting dalam memahami nilai-nilai kewarganegaraan dan Pancasila.

Buku ini membantu siswa kelas sembilan memahami bagaimana Pancasila telah berkembang dari masa ke masa, makna dari pembukaan UUD 1945, konsep kedaulatan negara, pentingnya persatuan dalam keberagaman, dan peran bela negara dalam mempertahankan NKRI.

Dengan menggunakan “Buku Paket PKN Kelas 9,” siswa dapat memahami lebih dalam nilai-nilai kewarganegaraan dan Pancasila, yang merupakan landasan penting bagi masyarakat Indonesia.

Buku ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menguji pemahaman dan pengetahuan mereka melalui uji kompetensi dan proyek kewarganegaraan. Dengan demikian, “Buku Paket PKN Kelas 9” sangat penting dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.

Leave a Comment